Senin, 18 Oktober 2010

Sumber Arus listrik dan Contohnya

Teori Atom
Istilah atom pertama kali di gunkan oleh dua orang ilmuan asal yunani bernama Leukippos dan Democritus sebelum masehi yang berarti bagian terkecil dari suatu materi yang tidak dapat di bagi lagi.Teori ini pernah di sangkal oleh aristoteles yang menyatakan bahwa materi dapat di bagi terus hingga tak terbatas.
Pada abad ke 19 seorang ilmuan bernama john Dalton kembali mempopulerkan istilah atom,dengan teori atom Dalton yang menyatakan:
1. Atom merupakan partikel terkecil dari materi
2. Atom tidak dapat di bagi lagi
3. Atom dari unsur yang sejenis memiliki sifat-sifat yang sama
4. Atom dari unsur yang berbeda memiliki sifat yang berlainan
5. Reaksi kimia merupakan penggabungan atau pemisahan atom –atom
Teori atom Dalton masih lah memiliki kelemahan,yaitu tidak menjelaskan muatan pada atom.
Model atom yang di gambarkan oleh Thomson,atau teori roti kismis sudah menggambarkan sifat muatan listrik pada atom.
Model atom Thomson :
“atom ialah sebuah bola pejal di bermuatan positif dimana elektron-elektron tersebar secara merata”
Proton di temukan oleh ernest Rutherford .Prorton berada di inti atom yang menyebabkan inti atom bermuatan positif dan electron electron mengelilingi inti atom.
Teori atom Rutherford :
1. Atom tersusun dari :
a. Inti atom yang bermuatan positif
b. Elektron-elektron bermuatan negative mengelilingi inti atom
2. Inti atom bermutan positif karena memiliki proton.Oleh karena itu atom bermutan netral,dengan kata lain jumla proton pada inti atom sama dengan
jumlah elektron yang mengelilinginya.
3. Ukuran atom sangat kecil
teori atom Rutherford kemudian di sempurnakan oleh Neils Henrik David Bohr,yang menytakan bahwa elektron mengelilingi inti atom dalam suatu lintasan yang di namakan kulit atom.
Pendapat Dalton mengenai “atom dari unsur yang sama memiliki sifat yang sama” ternyata salah.Para ilmuwan abad ke 20 menemukan bahwa atom dari unsur yang sama dapat memiliki massa dan berat yang berbeda.Walaupun sifat-sifat kimia atom dari unsur yang sama,namun sifat-sifat fisika nya belum tentu sama.
Mengapa atom dari unsur yang sama dapat memiliki massa dan berat yang berbeda? Bukankah jumlah electron dan proton nya sama?
Pada tahun 1932 james Chadwick menemukan adanya muatan lain pada inti atom yang menyebabkan massa dan berat atom dari unsur yang sama berbeda,sekaligus mengungkap mengapa proton dalam inti atom stabil.
Muatan baru ini di sebut neutron karena bermuatan netral.proton juga berfungsi sebagai penyekat pada inti atom sehingga tidak terjadi tolak menolak antar proton.
Neutron lah yang membuat massa dan berat atom dari unsure yang sama berbeda.
Proton + neutron = berat atom/massa atom/nomor massa/bilangan massa
Sumber arus listrik
Listrik yang di hasilkan pln tidaklah memenuhi kebutuhan yang kompleks,seperti untuk kendaraan atau mainanan yang tentu saja tidak menggunakan listrik pln.Karena itulah ada nya batu batrai dan akumulator sebagai sumber arus listrik pengganti.Batrai dan akumulator memiliki gaya gerak listrik atau di singkat ggl.Gaya gerak listrik adalah beda potensial antara kedua ujung atau kututb sumber arus litrik yang menyebaba kan electron mengalir.
Sumber ggl paling umum ada dua macam yaitu:
  1. sumber arus bolak-balik(AC=alternating current) seperti dynamo arus bolak-balik dan generator
  2. sumber arus searah(DC=direct current) seperti batu batrai akumulator(aki) dll
element primer
element primer adalah sumber arus listrik yang tidak dapat di muati kembali di karenakan reaksi kimia yang menyebabkan electrode negative (katode) ke electrode positif (anode) sidak dapat di balik arah nya.Element primer membutuhkan bahan pereaksi pengganti agar bisa mengalirkan listrik apabila sudah habis,dengan kata lain element primer ialah sumber arus listrik yang tidak dapat di perbaharui atau di isi kembali.
Element primer di bagi dua jenis yaitu element basah dan element kering
  1. element basah
a) element volta
penemu element volta adalah alessandro volta(1745-1827),yang menyimpulkan bahwa pasangan logam tembaga dan seng bisa membangkitkan ggl yang lebih besar dari pada pasangan logam lainnya.
Apabila lempengan tembaga dan seng di masukan ke larutan asam sulfat maka potensial tembaga akan lebih besar dari pada potensial seng yang membuat tembaga menjadi kutub positif(+) dan seng menjadi kutub negative(-).apabila tembaga dan seng di hubungkan dengan sebuah kawat penghantar yang berhubungan dengan lampu maka lampu tersebut akan menyala di karenakan adanya arus listrik yang mengalir dalam rangkaian.Namun alement volta memiliki kelemahan yaitu lampu hanya menyala sebentar karena munculnya gelembung-gelembung hydrogen (h2) pada lempengan tembaga yang menyebabakan aliran listrik terhambat,peristiwa ini di sebut dengan polarisasi.Agar element volta dapat di gunakan kembali maka gelembung-gelembung ini harus di buang terlebih dahulu.
b) Element Daniell
Merupakan modifikasi dari element volta dengan memperbaiki penampilan element untuk mencega terjadi nya polarisasi.elektrode di lindungi oleh larutan tembaga sulfat yang di namakan depolarisator.
Larutan tembaga sulfat(depolarisator)di pisahkan dari larutan asam sulfat melaluai bejana berpori yang memebuat ion-ion bisa lewat dari satu electrode ke electrode lainnya melalui elektrolit dan depolarisator.
Seng sebagai electrode negative dan bejana tembaga sebagai electrode negative.
2. element kering
element kering pertama di buat oleh leclanche yang di sebut element leclanche.Dalam kehidupan sehari-hari element kering juga di sebut batrai.
Ø Element kering di sebut juga element primer karean tidak dapat di isi kembali apabila sudah habis muatannya.
Ø Selama batrai bekerja seng berubah menjadi seng klorida,amonium klorida berkurang dan hydrogen di bebaskan.
Bagian bagian dari batrai (element kering):
1) Batang karbon
2) Mangan dioksida (MnO2),serbuk karbon dan batu kawi.
3) Depolarisator
4) Ammonium klorida (NH4Cl) berupa pasta yang berfungsi sebagai elektrolit
5) Karbon penyekat terhadap seng
6) Bejana seng (Zn)
Seng berfungsi sebagai kutub negatif dan batang karbon berfungsi sebagai kutub negative.
Cara kerja:
Kemasan seng yang merupakan kututb negative membungkus pasta ammonium klorida berupa bahan kimia lembap,sedang kan batang karbon padat berfungsi sebagai kutub positif.bila kesemuanya di satukan dalam satu rangkaian maka akan terjadi reaksi kimia yang melibatan seng batang karbon dan pasta juga beberapa zat lain yang berada di dalamnya.
Batang karbon yang kekurang electron dalam peristiwa kimia tersebut menjadi kutub positif,sedangkan seng yang mengalami kelebihan electron menjadi kutub negative.Perbedaan potensial antara dua terminal itulah yang menyebabkan electron dapat mengalir dalam suatu rang kaian tertutup.
Element sekunder
Element sekunder merupakan bahan elektro kimia yang dapat di perbaharui atau di isi ulang bahan peraksinya.
  1. element sekunder basah
contoh element sekunder basah iala aki atau akumulator.Aki yang umum di gunakan ialah akumulator timbale
bagian-bagian aki:
a. bejana yang terbuat dari kaca atau karet
b. larutan asam sulfat (H2SO4)
c. dua kerangka timbale yang berfungsi sebgai kutub negative dan positif.
Timbale yang di gunakan sebagai kutub positif adalah timbale dioksioda sedang kan untuk kutub negative di gunakan timbal abu-abu berpori,beda potensial antara keduanya hanya 2 volt sehingga harus di gunakan element yang disusun seri.
Aki dapat di isi ulang dengan cara menglirkan listrik berlawanan dengan arah aliran listrik yang di hasilkan aki.Dalam proses nya energi listrik akan berubah menjadi energi kimia sedangkan dalam penggunaanya energi imia pada aki akan berubah menjadi energi listrik.
  1. Element sekunder kering
Contoh element sekunder kering misalnya adalah batrai hp yang terdiri dari campuran logam litium,timbale iodide,timbale sulfide serta logam timbale sebagia katode

0 komentar: